Penulisan buku ajar Kimia ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung ketercapaian yang dikehendaki dalam kurikulum 2013. Dalam kurikulum baru ini, mata pelajaran Kimia menjadi bagian dari mata pelajaran Kelompok Matematika dan Ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA. Ruang lingkup materi pada mata pelajaran Kimia untuk kelas X meliputi hal-hal yang paling mendasar, yaitu partikel-partikel penyusun materi seperti atom, molekul, senyawa, serta berbagai reaksi yang melibatkan materi, perubahan yang menyertainya, dan perhitungannya secara kimia.Adapun materi yang dibahas pada buku ini meliputi Ruang Lingkup Kimia; Struktur Atom: Sistem Periodik Unsur; Ikatan Kimia; Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Reaksi Reduksi Oksidasi Rumus Kimia, Tata Nama, dan Persamaan Reaksi; Hukum-hukum Dasar Kimia; serta Konsep Mol dan Perhitungan Kimia. Dalam penyajiannya, buku ini tidak hanya memuat aspek pengetahuan melalui pemaparan materi, tetapi juga dilengkapi dengan gambar pendukung, pengayaan, aplikasi Kimia dalam kehidupan sehari-hari, evaluasi, dan beragam kegiatan yang diarahkan agar peserta didik memahami kimia secara utuh dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Kegiatan pembelajaran yang disajikan dalam buku ini meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi-materi pokok yang telah dipelajari. Rangkaian kegiatan pembelajaran tersebut dikembangkan untuk menggali karakter- karakter yang dapat dimunculkan dari materi-materi pembelajaran yang dipelajari. Dengan demikian, setelah mempelajari kimia, peserta didik akan memiliki pemahaman dan sikap-sikap hidupnya yang semakin matang, tahu akan tujuan hidupnya, bijak menghadapi segala persoalan, dapat menemukan solusi benar terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi, objektif, disiplin, tanggung jawab, yang jujur, dan kreatif.Dengan sistematika buku tersebut, materi-materi dalam buku ini dapat dipelajari melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Dengan demikian, guru diharapkan dapat berperan sebagai fasilitator dan motivator bagi siswa dalam mempelajari kimia. Dengan melakukan berbagai kegiatan dalam buku ini, guru juga dapat memberikan gambaran kepada peserta didik bahwa ilmu kimia bukanlah ilmu abstrak, tetapi ilmu yang mengungkap fenomena- fenomena nyata di alam semesta dan di sekitar kita, bahkan dalam tubuh makhluk hidup, termasuk manusia, dan benda-benda mati. Dengan begitu, pembelajaran kimia menjadi lebih bermakna bagi – peserta didik dan dirasakan dekat dengan kehidupan mereka