MAN 1 Kota Cirebon Siap Membangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Biro Organisasi dan Tata Laksana Kantor Kementerian Agama Pusat melaksanakan kegiatan “Pendampingan Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI)” Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu tanggal 23 dan 24 Maret 2021. Dalam kegiatan tersebut MAN 1 Kota Cirebon ditunjuk sebagai Madrasah yang siap membangun Zona Integritas atau sebagai Madrasah/Lembaga yang berlabel WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) atau WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Untuk menuju hal tersebut, Ada 6 Komponen yang harus disiapkan untuk memenuhi Kriteria tersebut:

  1. Manajemen Perubahan
  2. Penataan Tata Laksana
  3. Penataan Sistem Manajemen SDM
  4. Penguatan Akuntabilitas
  5. Penguatan Pengawasan
  6. Peningkatan Kualitas Layanan Publik

Untuk pemenuhan kriteria tersebut, maka MAN 1 Kota Cirebon diberikan waktu 1 tahun anggaran 2021. Tentunya kepercayaan ini tidak bisa dianggap sepele sehingga membutuhkan kesiapan seluruh keluarga besar MAN 1 Kota Cirebon meliputi Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Komite Madrasah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik juga Orang Tua. Komitmen bersama dibutuhkan agar selama waktu yang ditentukan bisa terwujud pembangunan Zona Integritas tersebut.

Auditor dari Badan penyelenggara Madrasah atau Lembaga Zona Integritas yaitu Biro Organisasi dan Tata Laksana Kontor Kementerian Agama Pusat dan Inspektorat Jenderal Kantor Kementerian Agama Pusat akan mengadakan Monitoring dan Evaluasi pada tahun anggaran 2022  secara langsung di lingkungan MAN 1 Kota Cirebon mengenai kelayakkan sebagai Madrasah yang membangun Zona Integritas.

Oleh karena itu, mari segenap civitas akademik dari semua unsur untuk bekerjasama dalam menyukseskan MAN 1 Kota Cirebon sebagai Madrasah yang membangun Zona Integritas yang berlabel WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) atau WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

 

 

Author: Muhammad Fahmi Nadhir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 2 =